Sabtu, 28 Mei 2011

PR dan Sosial Media

BAB I. PENDAHULUAN

Istilah dan profesi Public Relation (PR) semakin hari, semakin memasyarakat dan mendapat tempat dalam kegiatan bisnis modern, sehingga banyak produk atau jasa merasakan betapa pentingnya membentuk divisi dibidang PR di perusahaan mereka tuk memperoleh citra positif dan merebut dukungan public dalam upaya mengembangkan usaha mereka.
Dengan kondisi yang sangat kompetitif saat ini, bidang PR berupaya merebut dukungan public dengan melalui program yang dilakukan agar perusahaan mereka tetap mampu bersaing dan berkembang terus.
Salah satu kegiatan PR dalam memberikan informasi kepada masyarakat untuk memperoleh dukungan dan kepercayaan publik adalah kegiatan Hubungan Pers (Press Relation/Media Relation) yakni memanfaatkan media sosial yang kini marak di dunia maya yaitu Media Sosial (Social Media).
Media sosial merupakan wadah bagi PR untuk memberi informasi kepada masyarakat agar perusahaannya tumbuh subur dikalangan masyarakat. Maka dikenallah istilah cyber PR. Istilah cyber dikenal sekitar tahun 1990-an, ketika jaringan komputer sudah mampu menyimpan dan mengirim data dengan jumlah besar dan kecepatan tinggi.
PR sebagai ilmu atau sebagai profesi, sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk bersentuhan dengan teknologi komunikasi baru dengan media sosial ini. Kini sudah ada program PR yang ditawarkan melalui internet.

BAB II. PEMBAHASAN

Media Sosial dan Jejaring Sosial
Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka.
Seperti sekarang maraknya Facebook, Twitter, Plurk, blog, youtube dan forum mau tak mau memaksa perusahaan meningkatkan model ber-komunikasi. Peralihan ini merupakan peluang besar bagi praktisi PR untuk meningkatkan perusahaannya dalam memberikan informasi yang cepat dan tak terbatas ruang dan waktu.
 Penggunaan Sosial Media bagi PR
Penggunaan internet oleh para profesional merupakan cikal bakal dari perkembangan teknologi media sosial. Banyak ahli menyebutkan, pemakaian internet terutama pada masa krisis komunikasi, mengidentifikasikan masalah, manajemen dan komunikasi interaktif. Kegunaan lainnya adalah pembuatan newsletter (terbitan berkala) elektronik. Pengiriman pesan kepada khalayak sasaran, dan aplikasi internet dan web one to one dalam kegiatan marketing dan komunikasi.
Kebanyakan aktifitas Public Relation (PR) dalam internet masih terbatas pada penggunaan media satu arah. Dari atas kebawah untuk penerbitan informasi masih menggunakan formula komunikasi massa yag tradisional. Ditambah banyak perusahaan yang belum mengadopsi sebagai media PR atau perusahaan.
Teknologi telah mengubah pola komunikasi PR sebelumnya yang masih konfensional seperti komunikasi dari atas ke bawah atau pola komunikasi massa. Semua itu telah mereka tinggalkan dengan pola yang lebih aktual setelah lahirnya internet.
Internet atau didalamnya disebut media sosial kini membawa perspektif dan pola baru dalam era informasi dalam bentuk jaringan teknologi yang memungkinkan setiap orang mengakses kemana saja untuk memenuhi kebutuhannya. Organisasi atau perusahaan yang mengadopsi internet akan mengalami perkembangan pesat di tengah-tengah masyarakat informasi yang semakin heterogen dan dapat meraup khalayak yang lebih besar jumlahnya.
Melalui media sosial pula laporan tahunan yang dibuat divisi PR perusahaan dapat dimasukkan kedalam situs perusahaan.
Kini dunia PR mengalami masa keemasan, karena teknologi internet kini telah membawa praktisi mampu mencapai publik sasaran secara langsung, tanpa intervensi dari pihak-pihak lain, seperti tedaksi atau wartawan di media massa.
Beberapa diantara yang bisa dilalukan praktisi PR melalui penggunaan media sosial diantaranya:
1. PR harus menyadari bahwa khalayak dapat mengakses Press Release yang dikirim melalui server. Dengan kata-kata yang mudah dicari dan dipahami oleh khalayak.
2. Publik dapat mengakses Press Release dalam Home Page yang ada di World Wide Web dan jejaring sosial. Social media merupakan wahana online yang konten utamanya diisi dan didominasi oleh publik dan berkolaborasi dengan karyawan pemilik wahana online tersebut. Aplikasi semacam ini terlihat pada Youtube, Facebook dan juga corporate blog. Indikator dari conversation dalam ruang social media ini adalah menciptakan loyalty dan Promoter atau evangelist sebagai guardian angels of brand
Semua aktifitas PR memungkinkan PR untuk menjalin hubungan baik dan mempertahakan dukungan publik internal dan eksternalnya. Publik akan sangat tergantung kepada PR sebagai sumber informasi berita yang tidak tersaji di surat kabar dan media lainnya.
Kendati PR melakukan penggunaan internet, tidak berarti harus menyepelekan yang lainnya. Media selain media sosial tetap menjadi bagian terpenting dalam melakukan penyebaran berita atau informasi PR.
Keuntungan PR daam menggunakan internet:
1. Informasi cepat sampai publik
2. Bagi PR internet dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi.
3. Siapapun dapat mengakses internet
4. Tidak terbatas ruang dan waktu
5. Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.
Walaupun oganisasi memiliki berbagai macam publik, media yang digunakan PR tetap sama. Keberhasilan komunikasi melalui media sosial bermula dari peletakan pengguna media sebagai publik yang memiliki dedikasi tinggi dan strategi khusus yang sesuai khusus.

BAB III. KESIMPULAN

Hadirnya media sosial memberikan terobosan baru pada PR untuk melayani publik secara maksimal. Bagi para publik yang membutuhkan informasi cepat, maka media sosial adalah cara yang tepat. Media sosial tidak terbatas ruang dan waktu, siapapun dapat mengaksesnya. Media sosial dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.
Meskipun media sosial adalah cara efektif namun tetap tidak diperbolehkan meninggalkan media-media yang lain, karena masing-masing media memiliki target audien masing-masing.
Pengguna media sosial bisa mengakses jaringan internet tanpa biaya besar, tanpa alat yang mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna bisa bebas mengedit,menambahkan maupun memodifikasi bentuk tulisan, gambar dan video.
Media sosial juga memungkinkan komunikasi dua arah, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman antar kelompok atau individu.

Sumber :
Soemirat, Soleh. 2008. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya
http://road-entrepreneur.com/category/marketing/socialmedia/
http://id.wordpress.com/tag/masa-depan-pr-dan-media-sosial-online/
http://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial

1 komentar: